0

Membangun Habit Baru di Tahun Baru

Lifestyle January 19 2023

Pembangunan habit baru merupakan proses yang penting dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dalam buku "Atomic Habits" karya James Clear dan "The Power of Habit" karya Charles Duhigg, dikemukakan bahwa untuk membangun habit baru yang baik, perlu dilakukan beberapa langkah yang sistematis.

Pertama, tentukan tujuan yang jelas. Sebelum memulai proses pembangunan habit baru, pastikan bahwa tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan keinginan dan kondisi seseorang. Tujuan harus spesifik dan dapat diukur, seperti ingin menurunkan berat badan sebanyak 5 kg dalam waktu 3 bulan.

Kedua, mulai dengan skala yang kecil. Dalam membangun habit baru, jangan terlalu ambisius dan cobalah untuk memulai dengan skala yang kecil. Misalnya, jika ingin mulai berolahraga, cobalah untuk melakukannya selama 5 menit setiap hari dan kemudian ditingkatkan secara bertahap.

Ketiga, tetapkan trigger atau pemicu untuk melakukan habit baru. Trigger atau pemicu dapat berupa suatu kegiatan atau acara yang selalu dilakukan setiap hari, seperti bangun pagi atau selesai makan siang. Dengan menetapkan trigger, akan lebih mudah untuk mengingatkan diri untuk melakukan habit baru.

Keempat, lakukan habit baru secara konsisten. Konsistensi merupakan kunci dalam membangun habit baru. Lakukan habit baru secara teratur dan jangan berhenti meskipun mengalami kesulitan.

Kelima, evaluasi progres dan perbaiki apabila diperlukan. Setelah melakukan habit baru secara konsisten, evaluasi progres yang telah dicapai dan perbaiki apabila diperlukan. Misalnya, jika ternyata skala yang digunakan terlalu kecil, dapat ditingkatkan secara bertahap.

Secara keseluruhan, pembangunan habit baru memerlukan proses yang sistematis dan konsisten. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan dalam buku "Atomic Habits" dan "The Power of Habit", seseorang dapat membangun habit baru yang baik dan meningkatkan kualitas hidupnya. Yuk Warrior babes bersama kita gunakan kesempatan tahun baru ini untuk membuka lembaran baru dan membangun positif habit yang sudah lama ingin kita punyai.

© 2021 Petite Diva Fitness. All Right Reserved