0

Pelajaran Yang Kupetik dan Kubawa di Tahun 2022

Lifestyle January 15 2022

Well, warrior babes, it’s 2022. And get ready, blog ini kemungkinan mengandung bawang (or at least for me). I must say, 2021 itu bukan tahun yang menyenangkan buat aku, but I've learned a lot; tahun yang paling banyak kejutan, kesedihan, harapan, pasang surut dan kekecewaan. All happened in 2021

Dan ketika aku melihat kebelakang, aku menyadari bahwa aku telah melalui itu semua dengan begitu banyak pelajaran yang bisa ku ambil dan banyak diantaranya bisa juga diterapkan di fitness, atau pun kehidupan secara umum. So, with this blog, lemme share some of my biggest takeaways dengan harapan bisa berbagi dengan kalian semua.

Setting Healthy Boundaries. Setting personal boundaries is a very important aspect in taking care of ourselves and in building strong, healthy relationships with others. You can be a kind person and still say, ’Thanks for inviting, tapi kayaknya malam minggu ini gw mau istirahat aja”, atau ‘Kayaknya gw skip dessert deh karena perut gw sudah comfortably full dan gamau terlalu kenyang”. 

Ga ada yang salah dengan set a healthy boundaries kok. Aku ingat, 8 tahun lalu pas aku memulai pola hidup yang lebih sehat, aku lebih memilih berolahraga di jam istirahat kantor daripada nongkrong bareng temen (karena hanya jam istirahat kantor lah yang bisa digunakan untuk workout). Dan karena kantorku dulu bawahnya mall, jadi daripada aku jajan ga jelas diluar (dan menghabiskan duit gaji), aku lebih suka bawa makanan sendiri dari rumah. Mungkin beberapa rekan kerjaku ada yang melihat bahwa aku ‘sok sehat’ atau ‘gak asik’, but remember, never felt guilty for putting yourself first terutama jika menyangkut dengan yang namanya kesehatan, baik fisik, mental dan emosional. 

Being happy is a choice. Pernah ga kalian mikir kayak gini:

  • gw bakal bahagia kalo gw punya banyak duit
  • gw bakal bahagia kalo gw punya gaji 20 juta/bulan
  • gw bakal bahagia kalo gw dapet kerjaan yang sesuai passion gw
  • gw bakal bahagia kalo gw dah nikah

atau yang lebih health and fitness related such as:

  • gw bakal bahagia kalo gw udah kurus
  • gw bakal bahagia kalo timbangan gw udah turun 10kg
  • gw bakal bahagia kalo gw punya sixpacks
  • gw bakal bahagia banget kalo gw bisa hit my personal record for deadlift

My dear warrior babes, kalau kamu yakin bahwa kebahagian baru bisa didapat setelah kamu mendapatkan hal-hal diatas, artinya kamu membatasi kebahagiaan yang sebenarnya. Of course, disini aku ga bilang untuk kamu tidak usah punya suatu gol atau mengusahakan gol yang sudah kamu buat. Namun, untuk menjadi bahagia, kamu tidak perlu menunggu sampai saat itu datang. Dan untuk meraih gol kamu, mungkin jalannya ga akan semulus yang kamu harapkan. Namun, memilih untuk tetap berusaha bahagia apapun hasilnya dan menikmati prosesnya memang mungkin ga akan cukup mengobati, but it might give you more strength to face what you need to face. And that's the big lesson to take.

To not giving up (just yet). Hanya karena sesuatu sedang sangat sulit sekarang, tidak berarti akan selamanya sulit. Batu sebesar apapun jika di tetesi air secara konsisten pasti akan bolong juga. Apapun yang kamu hadapi sekarang, atau kamu sudah sampai titik dimana mungkin kamu hampir menyerah dan berpikir ‘I don't deserve this”, atau ‘This is not for me”, percayalah, tidak akan selamanya seperti itu. Ga bisa melakukan 1 full push up? Keep trying dan latih terus sampai mampu! Susah build muscle? Terus latih dan makan protein sedikit lebih banyak daripada kemarin.

Honestly, I just had the lowest point in my life sejak awal tahun 2021 lalu. Aku ga dapat support that I deserved. Aku harus pindah rumah dengan sisa kemampuan yang aku punya to settle down. Walaupun begitu hancurnya, I know that nothing last forever. So I got up and start to build my own empire: this website. Situs ini adalah yang membuat aku bangkit dan mengalihkan pikiranku. Instead of asking God why why why, aku lebih memilih untuk work on something yang bisa membuat aku bangkit dari keterpurukkan, and I am so glad that I have you on this journey too.

Setiap kejadian atau pengalaman pasti ada pelajaran yang dapat kita petik. Aku pernah dengar sebuah quote yang intinya, jika kita tidak mendapatkan esensi atau pelajaran dari sebuah ujian atau masalah yang kita hadapi, kemungkinan ujian atau masalah itu akan datang lagi terus menerus sampai kamu menyadarinya silver lining-nya. Aku yakin setiap kejadian pasti ada positive side nya, contohnya adalah 3 takeaways diatas. 

Semoga curhatan aku disini bisa berguna bagi siapa pun yang sedang membutuhkan dan bisa jadi reminder juga untuk diri aku bahwa, I’ve made it this far, there always a light at the end of a tunnel. Let’s rock this year together!



© 2021 Petite Diva Fitness. All Right Reserved